Isu Recall di Mazda 6 SkyActiv? Apakah Urgent dilakukan?

by Mazdacar 11. May 2014 14:19

image

Mazda 6 di-Recall di Indonesia?

Baru-baru ini beberapa teman mimin, mendengar bahwa mazda 6 mengalami recall di Indonesia. Mazda 6 yang direcall adalah Mazda 6 yang dibuat sebelum bulan Januari 2014. Dengan kata lain, bila Anda termasuk pemilik Mazda 6 dengan tahun NIK 2012 dan NIK 2013, mungkin Mazda Anda termasuk daftar di-recall.

Apakah yang terjadi?

Setidaknya ada dua isu yang dialami oleh Mazda 6, yang pertama adalah masalah i-eloop dan yang kedua adalah masalah tangki bahan bakar.

Berita baiknya untuk i-eloop di Indonesia, Mazda 6 versi Indonesia memang sudah lebih “kebal” dari isu ini. Hal ini dikarenakan DC/DC converter Mazda 6 sudah dirubah sesuai dengan kondisi Asia. Namun yang dikhawatirkan adalah firmware di i-eloop yang mungkin mengalami kesalahan pembacaan kondisi kapasitor i-eloop. Hal ini terjadi pada saat mobil Mazda 6 Anda berhadapan dengan genangan air yang cukup tinggi (1/3-1/2 ban). Pada kondisi ini bukan tidak mungkin akan terjadi kesalahan fan belt-slip yang akan mengganggu kinerja i-eloop sehingga mengalami salah kondisi / baca. Solusi yang dapat dilakukan adalah melakukan upgrade firmware mobil Anda yang akan memakan waktu setidaknya 18-20 menit.

Isu kedua adalah masalah tangki bensin. Isu ini memang lebih menyeramkan, disinyalir bahwa Mazda 6 yang diisi bensin terlalu penuh akan mengalami isu tetesan bensin yang meluap dan bisa bocor. Memang tidak akan menyebabkan kebakaran tetapi setidaknya membuat kekhawatiran. Pada isu ini sebenarnya tidak ada yang perlu diperlakukan selama kita mengikuti aturan pengisian bahan bakar.

Tips bagi Mazda 6 Anda

Bagi Anda yang saat ini menggunakan Mazda 6 dan belum sempat servis rutin berikut adalah tipsnya

  • Pada saat mobil melintas di lintasan yang tergenang tinggi (<1/2ban) jangan melaju kencang, maju perlahan atau set ke manual mode kemudian pilih gigi 1 / 2. Hal ini akan menghindari fan-belt slip
  • Isilah bensin jangan pada saat terlalu kosong. Mimin pribadi memilih mengisi pada saat sudah satu bar besar (dari empat bar) kosong. Isi secukupnya tidak pelu full.

 

Dengan dua tips tersebut Mazda 6 Anda akan aman, setidaknya sebelum Anda servis rutin kemudian melakukan programming i-eloop yang akan memakan waktu 18-20 menit.

Salam Zoom-Zoom

Tags: , ,

Mazda News

blog comments powered by Disqus

Powered by BlogEngine.NET 2.5.0.6

Hosted on Windows Azure Windows Azure Cloud Computing

 

Mazda Car Youtube

Mazda Car Youtube adalah kanal video khusus bagi pecinta Mazda, Subscribe dan like videonya sekarang dengan mengunjungi Channel Youtube kami

Image result for mazda channell

Twitter

Month List