Review Mazda Biante SkyActiv 2014

by mazdareviewer 8. July 2014 00:14

Yak, selamat pagi semuanya di bulan Ramadhan ini mimin berkesempatan untuk menguji Mazda Biante 2014 SkyActiv. Berbeda dengan pendahulunya di tahun 2012 yang tidak ber-SkyActiv. Pada tahun 2013 Mazda merilis Biante SkyActiv atau yang dikenal dengan Biante Granz di luar sana. Mobil ini unik karena hanya dipasarkan di Asia saja, jadi kalau Anda melihat Biante di eropa atau Amerika itu adalah keajaiban setiaknya untuk saat ini. Biante berjajar dengan Mazda 5 sebagai MPV model global yang sudah ada sebelumnya. Biante adalah adik dari Mazda 8 yang kita sudah kenal di tahun 2012 silam. Baik kita akan diskusi apa yang berubah di Biante SKyactiv ini

image

Mesin SkyActiv berkompresi tinggi

SkyActiv dikenal dengan hybrid-like fuel effeciency engine dan ini disematkan di Biante baru. Mesin yang sama dipakai di CX-5 sport ini memiliki 151 PS untuk mendorong mobil dengan berat 1.6 ton dan juga panjang 4.7 meter ini. Mobil ini memang mobil didesain untuk keluarga, mesin yang hening dan tenang ini cocok dibuat melaju untuk perjalanan jauh. Mimin memang merasa “underpowered” karena body yang dibawa adalah body Biante yang belum SkyActiv Body, tetapi memang sulit bukan melaju kencang di masa-masa macet seperti ini. yak ini adalah kombinasi yang tepat antara kehematan bahan bakar dan tenaga.

image

Kembalinya sensasi Zoom-Zoom dengan SkyActiv Drive

Masuk ke interior kita disambut knob putar Ala Mazda 2 Sedan 2013 atau CX9 2014. Bentuk stir mirip dengan Mazda MX-5 ya benar Anda bisa melihat power-shift di sana, hal yang tidak Anda lihat di Biante sebelumnya. Kami melanju di jalan lingkar di Yogyakarta dan kami merasa impresif. Impresif sekali perpindahan giginya, lebih baik dari Biante sebelumnya. Rapatnya antara satu gigi ke gigi yang lain membuat kami merasa mobil ini memiliki jangkuan gigi yang cukup panjang dan bertenaga. Alhasil, kami meyakini bahwa ini benar-benar SkyActiv driveyang dikombinasikan dengan handling ala Zoom-Zoom MX5 atau Mazda 2.

image

Memanjakan Keluarga

Sebagian besar pembeli Mazda Biante tentu adalah segmen keluarga atau yang setidaknya yang peduli dengan keluarga. Percaya atau tidak fitur Mazda Biante SkyACtiv sangat membantu bagi Anda atau keluarga. Sebagai contoh Mazda Biante memiliki keleluasaan untuk mengubah posisi duduk, posisi bagasi, posisi ruang keluarga, hingga posisi tempat tidur. Selain itu, pintu dorong elektrik akan dengan keyless entry akan membantu Anda membuka kendaraan tanpa harus merogoh kantong. Satu lagi yang tak terlupakan head unit , Mazda 6 dan CX9 merk Alphine juga terbenam sebagai headunit utama. Dia tentu mendukung Navigasi dengan tom-tom, DVD, MP3, and tentu Radio. Lebih dari itu di sisi penumpang sudah ada 10’ DVD player yang terpasang di atap mobil yang mengingatkan saya seperti halnya salah satu MVP mewah buatan Honda. Anda juga harus ingat kalau AC di Biante disematkan anti bakteri merk Panasonic untuk kebutuhan keluarga.

image

Kontrol pada Situasi Berkendara

Mazda memahami bahwa pengguna Biante adalah Ayah yang memiliki keluarga dan juga terkadang terganggu oleh tingkah-polah anaknya atau bahkan istrinya Senyum dengan lidah terjulur. Mazda membenamkan dashboard eye-catching berled biru yang membuat si kecil akan terkagum melihatnya. Posisinya pun di tengah dan sangat terlihat jelas oleh mata rabun sekalipun. MID juga terletak di bagian tengah yang berisi efisiensi, dan sebagainya. i-stop akan membantu untuk mematikan mesin otomatis pada saat suhu AC sudah sesuai dengan harapan di kemacetan lalu lintas. Jangan takut, i-stop ini hanya membutuhkan 0.35 detik dari posisi mati ke menyala, plus mimin merasa i-stop di Biante SkyACtiv tidak terasa getarannya dibanding mazda 6 (mungkin karena tubuh yang besar ini). Ah dia juga dilengkapi kamera belakang, parking sensor yang membuat ANda tidak takut memarkir 4.7 meter untuk mobil ini.

Impresi Mengendarai

Impresi mengendara Mazda Biante SKyACtiv ini saya katakan  nano-nano (banyak rasa). Pertama anda akan merasakan handling ala Mazda 2, kemudian ANda merasakan Mesin dan performa ala CX-5 sport, dan terakhir Anda akan merasakan ini adalah mobil dengan fitur layaknya Mazda 6. Radius putar sama dengan Mazda 6, Aklerasi mirip CX-5 dan Handling mirip dengan Mazda 2 Sedan. Saya berkata dalam hati, ini mobil apa “Senyum dengan mulut terbuka

image

Gejala limbung minim terasa dibanding CX-9 SkyActiv tetapi kalau dibanding merk lain maka gejala limbung ini sangat rendah, tetapi aero dinamis kalah baik dibanding CX-9 yang sudah mengikuti gaya kodo.

Verdict

Sempurna? tunggu dulu sebelum Anda berpikir untuk membawa pulang Mazda Biante SKyACtiv ke kampung Anda, maka harus ada beberapa kelemahan yang harus Anda terima.

Desain yang agak aneh, serius ini subjektif tetapi saya merasa bahwa gaya Biante SKyActiv ini sedikit kurang cantik dibanding pendahulunya terutama di bagian grille. Hal ini diakui sebagai upaya untuk membuka pasokan ruang udara mesin SkyActiv tetapi jadinya agak monyong jika dilihat di depan

altAq9qUdIlz6_NAQRm6fwBXX-4SJWrrlr0A3XTeSgiTFFD

Jok yang kurang bagus, jahitan jok ini kurang rapih kalah rapih dengan Mazda 2 sedan, CX-5 apalagi Mazda 6. Posisi duduk juga kurang argonomis dibanding Mazda 5 tahun 2007atau Mazda 8.

image

Velg yang terlalu kecil, mobil ini akan luar biasa kalau disematkan velg 17, tetapi kenapa hanya 16’ Senyum dengan mulut terbuka? ah saya paham agar harganya kompetitif.

Bisakah Anda menerima kelemahan tersebut dan menebusnya dengan harga 400 jutaan, jika ya, maka silahkan download brosur dan lihat Video Mazda Biante SkyACtiv ini. Bila Ada pertanyaan, follow twitter mimin atau langsung komentar di bawah ini ya, terima kasih

Tags: ,

Mazda Car Review

blog comments powered by Disqus

Powered by BlogEngine.NET 2.5.0.6

Hosted on Windows Azure Windows Azure Cloud Computing

 

Terjemahkan

Mazda Car Youtube

Mazda Car Youtube adalah kanal video khusus bagi pecinta Mazda, Subscribe dan like videonya sekarang dengan mengunjungi Channel Youtube kami

Image result for mazda channell

Twitter

Month List