SkyActiv sebagai evolusi inovasi Mazda

by mazdareviewer 24. May 2013 13:51

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai SkyActiv, sebuah teknologi yang telah diadopsi Mazda semenjak tahun 2012 dan ke depannya. Cerita-pun dimulai.. di tahun 2000

Pada kisaran tahun 2000’an Mazda telah memiliki dua buah jenis mesin unggulan mereka. Mesin yang pertama dikenal dengan MZR dan yang kedua dikenal dengan Renesis. MZR tidak lebih dari sebuah mesin DOHC sejajajr (inline) khas Mazda yang menggunakan konsep combustion engine. MZR dikembangkan menjadi dua model Z dan L. Model MZR Z diperuntukkan oleh mobil-mobil mazda berukuran kecil atau kompak (1500-1600cc seperti Mazda 2, Mazda 3 HB 1.6, dan Mazda Premacy) sementara Model MZR L dimiliki oleh Mobil Mazda berukuran midsize dengan ukuran silinder 2000 cc ke atas (Tribute, Mazda 3 2.0, dan CX-7, Mazda 8, 6, Biante, dan tentu CX9). Satu jenis mesin lagi adalah mesin Renesis, mesin ini adalah mesin rotary yang sudah dikenal semenjak zaman RX-7 (90’an). Renesis adalah idealis Mazda dalam inovasi mesin. RX-8 yang Anda lihat saat ini adalah Renesis generasi ke dua. Renesis adalah mesin berukuran kecil (696 cc x 2) tetapi bertenaga luar biasa, sebagai pendangan mesin renesis generasi 2 yang berukuran 1300cc sepadan dengan mesin bertenaga 2400-2600cc. Bersama dua jenis mesin ini, Mazda berkomitmen berubah dan berkembang dengan logo sayap dewa yang sering kita ihat di mobil-mobil Mazda generasi terkini.

875985545_LsySi-L

Sebagai perusahaan mobil jepang idealis yang selalu mengawali pengembangan dengan penelitian dan peningkatan teknologi, ternyata tak mampu bersaing dengan raksasa perusahaan mobil lainnya. Hal ini membuat omset Mazda menurun tajam karena kalah pemasaran dan harga yang tidak kompetitif. Teknologi dan penelitian kenyamanan, keamanan, dan kecepatan memaksa Mazda untuk menjual mobil lebih mahal dibanding sesama perusahaan jepang lainnya. Efeknya di tahun 2000’an pula omset Mazda merosot tajam. Pada saat itu Ford sebagai kakak seperguruan menuntun Mazda dalam hal teknologi dan sinergi kerjasama. Bila Anda melihat Fiesta vs 2, Mazda Tribute vs Ford Escape, dan Ford Focus vs Axela bukankah mereka seperti saudara? Ya! karena pada saat itu Mazda bersama-sama Ford bersinergi melalui serangkaian kerjasama blueprint pengembangan mesinnya dan teknologi mobil. Silahkan cek BPKB Anda bila Anda pemilik Mazda di bawah tahun 2005 maka Anda akan menemukan importir Anda untuk mobil Mazda Anda adalah Ford Motor Indonesia.

Mazda-Tribute_2005_1600x1200_wallpaper_03Mazda Tribute adalah salah satu SUV Legendaris seperti Ford Escape

Pada tahun 2005, Mazda kembali bangkit, sebuah mobil paling cantik yang pernah saya lihat pun lahir yakni Mazda RX-8 dan juga Mazda 3. Saya sangat menyukai model pintu suicide yang saya lihat di Mazda RX-8, saya menyukai ditahun tersebut sudah ada mata semanis angel-eyes dan lampu belakang membulat milik Mazda 3.  Mazda menekankan bukan hanya model yang unik tetapi juga slogan zoom-zoom yang memfokuskan pada “kesenangan dalam berkendeara”. Zoom-zoom jingle berhasil mendongkrak mazda menjadi brand mobil yang memiliki faktor fun-to-drive tertinggi  di antara semua perusahaan mobil Jepang.

875985037_mmG9U-L

Keberhasilan Mazda semakin mencuat pada saat platform city-car (Mazda 2) mereka yang berhasil mencuri perhatian. Pada tahun 2008, baru kali ini ada perusahaan mobil yang membuat mobil kecil yang paling aman (5 bintang), tidak konservatif, dan juga faktor fun-to-drive yang bisa dinikmati oleh semua kalangan (harga kompetitif 170-200 untuk versi HB, 228-250 untuk sedan). Platform MZR mencuat, hampir 90% mobil Mazda berplatform MZR, sayangnya ketenaran itu tidak sejalan dengan kesuksesan renesis dikalangan konsumen rumahan.

Renesis adalah idealis Mazda untuk membuktikan bahwa mesin berukuran kecil mampu bertenaga besar dan itu sangat terbukti dengan banyaknya pembeli Mazda RX-8. Tetapi Renesis punya masa kelam dibanding MZR. bahan bakar yang cukup tidak efesien, gas buang yang tinggi, dan konsumsi pelumas yang cukup tinggi membuat banyak yang mulai melepas Mazda RX-8 bagi konsumen perumahan. Bumi yang makin membutuhkan ekologi yang baik dan sumber daya alam yang terbatas membuat Renensis makin redup. Puncaknya pada tahun 2010, Renesis tidak lulus uji emisi sehingga tidak bisa dijual di Eropa. Mazda sudah meramalkan kondisi ini jauh-jauh hari dengan memikirkan konsep hybrid di Renesis mereka dengan mengkombinasikan dengan Hydrogen. Renesis dan Hidrogen memang sesuatu yang luar biasa tetapi memaksa menjual hal tersebut ke pasaran adalah sama saja memaksakan idealisme. Mazda mundur secara teratur dan memahami bahwa Renesis harus diperbaiki secara lebih signifikan tetapi entah bagaimana. RX-8 ditutup produksinya di tahun 2011 dengan lahirnya Mazda RX-8 Spirit –R yang bisa Anda peroleh di Indonesia. Spirit-R adalah kata-kata perpisahan implisit untuk Renesis dan semenjak itu Mazda berhenti memproduksi Renesis dan memfokuskan pada Renesis generasi ketiga.

Keberhasilan MZR mendorong R&D Mazda membuat dari “awal rancangan” mesin baru yang lebih sempurna dari MZR. SkyActiv Enginee merupakan mesin combustion engine sekonsep dengan MZR.  Kompresi MZR yang berkisar 1:10 ditingkatkan menjadi 1:13-14. Kompresi tinggi tersebut disinyalir dapat menurunkan konsumsi bahan bakar dengan tetap mengutilisasi kemampuan mesin lebih tinggi. Transmisi triptonic disempurnakan menjadi Skyactiv Drive.  Belajar dari keberhasilan Mazda RX-7 mobil ringan bertenaga besar maka Mazda menciptakan konsep KODO yang membuat mobil lebih ringan, aerodinamis, dan seimbang melalui teknologi SkyActiv Body. Kombinasi mobil ringan dan mesin lebih hemat energi adalah kunci Mazda untuk menyempurnakan platformnya dan SkyActiv technology adalah taruhannya. Apakah SkyActiv pengganti Renesis? atau bahkan pengganti MZR? simak terus ulasannya di MazdaCar.org. Salam Zoom-Zoom

… Bersambung

Tags: , ,

Mazda News

blog comments powered by Disqus

Powered by BlogEngine.NET 2.5.0.6

Hosted on Windows Azure Windows Azure Cloud Computing

 

Terjemahkan

Mazda Car Youtube

Mazda Car Youtube adalah kanal video khusus bagi pecinta Mazda, Subscribe dan like videonya sekarang dengan mengunjungi Channel Youtube kami

Image result for mazda channell

Twitter

Month List